Sekilas Wisata di Tajikistan

Sekilas wisata di Tajikistan – Tajikistan adalah negara yang asing di Asia Tengah, berakar pada Sogdiana dan Bactria kuno, negara modern ini merupakan kumpulan berbagai suku, bahasa, dan identitas yang rentang terhadap perpecahan, namun dibangun bersama-sama secara perlahan menjadi lebih dari sekedar negara bentukan Soviet dengan harapan bersama untuk masa depan yang damai. Kedamaian tersebut hancur pada tahun 1990-an, saat perang saudara yang brutal menewaskan lebih dari 50.000 jiwa, mengubah republik di pegunungan terpencil itu menjadi sudut paling berdarah dari kekaisaran Soviet. Meskipun luka masih terasa, satu dekade setelah perang sebagian besar penduduk Tajikistan terus menjalani hidupnya, seakan semua yang terjadi hanya mimpi buruk, dan sifat optimisme pun kembali.

Wisata di Tajikistan

Kabar baiknya adalah bahwa sekarang Tajikistan sudah aman, stabil, dan memiliki pemandangan yang spektakuler. Pamir – ‘Atap Dunia’ – merupakan andalan dari negara ini, menawarkan pemandangan dari ketinggian yang mempesona, pilihan wisata alam yang sempurna, keramahan pegunungan yang sederhana, dan Jalan Raya Pamir – salah satu jalan terbaik di Asia. Lembah Wakhan adalah tempat impian bagi para pejalan kaki, Dushanbe dianggap sebagai salah satu ibu kota tercantik di Asia Tengah yang memberikan sekilas pandangan atas Jalur Sutra yang mempesona di kota tua Penjikent.

Pernah menjadi tempat bermain mata-mata dan penjelajah dalam ‘Great Game’ (Permainan Besar), Tajikistan sekarang merupakan tempat bermain nomor satu untuk wisata petualangan. Untuk penggemar pemandangan gunung terpencil atau orang yang menyukai tempat tujuan wisata di bagian utara Pakistan atau bagian barat Tibet, wisata di Tajikistan akan menunjukkan kilaunya sebagai republik yang paling menarik di Asia Tengah. Setiap orang yang melalui jalan ini akan merasakan kengerian begitu mengetahui bahwa ada beberapa ‘hantu dari orang kulit putih’ yang telah melewati jalan ini sejak Francis Younghusband, pemain ‘Great Game’ dengan skill yang sempurna, dikeluarkan dari Pamir oleh orang Rusia pada tahun 1891, yang menandai penutupan wilayah ini dari dunia luar untuk 100 tahun berikutnya.

Waktu terbaik melakukan perjalanan wisata di Tajikistan

Bagian utara, tengah, dan selatan Tajikistan menjadi sangat panas pada musim panas (Juni – September) dengan suhu di atas 40°C (105°F). Sayangnya, ini adalah waktu terbaik untuk melakukan wisata ke pegunungan. Pada musim semi (Maret – Mei) suhu menjadi sejuk meskipun sering turun hujan. April adalah waktu terbaik untuk berwisata ke selatan Tajikistan yang sedang penuh dengan bunga-bunga bermekaran. Pada musim dingin (November – Februari), suhu di Dushanbe hampir mencapai titik beku, sedangkan suhu di Pamir turun hingga antara -20°C dan -45°C. Jalanan Anzob dan Shakhristan yang berada di antara Khojand dan Dushanbe biasanya ditutup mulai akhir bulan November hingga akhir Mei, namun terowongan baru di bawah jalanan Anzob membuat jalan ke Penjikent terbuka sepanjang tahun.

Bulan Maret, April, September, dan Oktober adalah waktu terbaik untuk melakukan wisata di Tajikistan. Untuk melakukan wisata pendakian, paling baik dilakukan pada bulan September. Jika ingin mengunjungi wilayah Pamir, lakukan pada bulan Juli hingga akhir September, meskipun Pamir Hwy secara teknis buka sepanjang tahun. Hati-hati saat menyebrang sungai di area pegunungan karena aliran air selama awal musim panas (Juni dan Juli) dapat berbahaya.

Wisata di Tajikistan dapat menjadi alternatif yang ingin mecoba wisata ke Asia Tengah.

Email
Print
WP Socializer Aakash Web