Wisata ke Taiwan

Wisata ke Taiwan – Ilha Formosa – pulau yang menawan. Inilah yang dikatakan oleh sekelompok pelaut Portugis, yang menurut sejarah merupakan Bangsa Barat pertama yang menemukan pulau ini, setelah melihat Taiwan untuk pertama kalinya. Mereka pasti sangat terpikat pada pulau ini. Meskipun tidak semua Orang Barat memiliki reaksi yang sama saat melihat Taiwan, para pelaut Portugis ini hanyalah yang pertama dari sekian banyak orang yang telah melihatnya. Dengan pegunungan Wulai yang subur, kota-kota yang menjadi denyut nadi negara seperti Taipei, tebing basal Penghu yang menakjubkan, pendakian di Taroko Gorge yang sempurna, belum lagi beberapa sumber air panas terbaik di dunia, bisa menjadi pilihan yaitu sumber air panas Taian. Wisata ke Taiwan menjadi salah satu tujuan wisata dengan pilihan paling beragam di Asia.

Benar bahwa Taiwan belum berhasil menjadi yang pertama dalam daftar ‘harus dikunjungi’ semua orang, tapi menurut kami hal ini terjadi karena orang-orang tidak cukup mengetahui apa yang Taiwan tawarkan. Di dalam batasan pulau kecil bebentuk seperti ubi yang hampir seukuran negara bagian Amerika Serikat ini terdapat dunia yang berbeda dan percampuran pengaruh budaya yang tidak akan Anda temukan di tempat lain di planet ini.

Pada dekade pertama abad ke-21, Taiwan semakin banyak menarik wisatawan dari semua kalangan: dari wisatawan spiritual yang ingin merasakan warisan keagamaan pulau ini, pecinta makanan yang mencari makanan pasar yang sempurna di malam hari, hingga penggila komputer yang memindai cakrawala untuk mencari gadget teknologi tinggi terbaru. Taiwan menawarkan pengunjung perpaduan antara suasana yang sangat modern dengan bangunan-bangunan China kuno dan semangat asli para penduduk. Lebih dari itu, Taiwan memiliki orang-orang terhangat, sabar, dan dipenuhi rénqíng wèi (yang dapat diartikan sebagai ‘kasih sayang’) di dunia yang dirasakan oleh beberapa wisatawan yang datang atau wisata ke Taiwan. Banyak yang telah berubah selama berabad-abad sejak Portugis menemukan Taiwan. Meskipun begitu, jika kelompok pelaut yang sama datang kembali pada saat ini, kami yakin mereka akan tetap menyebutnya Ilha Formosa.

Bagaiamana cuaca untuk wisata ke Taiwan

Iklim Taiwan adalah subtropis. Meskipun sering lembab, musim dingin dapat menjadi cukup menyenangkan, terutama di selatan. Di utara, cenderung dingin dan lembab dan banyak penduduk Taipei yang mengharapkan sejumlah sinar matahari untuk datang di pertengahan Februari. Musim angin topan datang pada akhir musim panas hingga pertengahan musim gugur dan cenderung terjadi sangat kencang di pantai timur. Musim panas menjadi panas dan lembab: jika Anda keluar dari pusat perbelanjaan ber-AC pada bulan Agustus, Anda akan merasa seperti sedang dibungkus dengan handuk panas. Kapan cuaca yang sempurna di Taiwan? Menurut pendapat kami, musim gugur dan musim semi adalah yang terbaik. Musim panas memang menyenangkan, tetapi Anda harus siap untuk berkeringat, dan untuk musim dingin, wilayah selatan bawah bersahabat hampir sepanjang waktu, tapi ke utara, Taipei memiliki banyak pusat perbelanjaan.

Taiwan juga rawan gempa karena negara ini juga berada di atas lempeng Eurasia dan Filipina yang bertabrakan. Sebelum mengutuk kekuatan geologi, Anda harus mengetahui bahwa lempengan ini juga yang bertanggung jawab atas keberadaan pegunungan yang indah dan sumber air panas yang mengagumkan yang membuat perjalanan ke Taiwan benar-benar berharga. Sebagian besar gempa bumi yang terjadi adalah tremor kecil. Beberapa jauh lebih dahsyat, terutama yang terjadi pada tanggal 21 September 1999, dengan kekuatan 7,3 skala Richter dan menewaskan ribuan orang. Gempa yang terbaru terjadi di lepas pantai selatan pada akhir tahun 2006 yang meskipun hanya memakan sedikit korban, tetapi memutus beberapa kabel bawah tanah, mengganggu layanan telepon dan internet di seluruh Asia.

Waktu terbaik untuk wisata ke Taiwan

Orang sering berkomentar bahwa Taiwan tidak memiliki musim, tetapi kenyataannya Anda harus mempertimbangkan waktu untuk wisata ke Taiwan. Secara umum, musim gugur (September – November) adalah yang terbaik, karena kondisi cenderung hangat dan kering, polusi udara sedikit, dan harga lebih murah. Berkunjung pada musim semi (Maret – Mei) bukan pilihan yang tepat: cuaca terkadang bersih dan kering, atau basah dan mendung, atau bahkan dirusak oleh badai pasir dari China. Terkadang Anda mendapatkan ketiga kondisi tersebut dalam satu hari.

Musim panas (Juni – Agustus) adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai timur, terutama untuk aktivitas di luar ruangan, tetapi Anda harus mewaspadai angin topan yang dapat menghantam pulau dari bulan Juni hingga Oktober. Musim panas bukan waktu yang tepat untuk berwisata ke pulau terluar karena akan penuh sesak dengan turis, penerbangan dan hotel pun sulit untuk dipesan. Coba berwisata pada bulan Oktober – November, saat harga turun, tetapi cuaca tetap bagus. Kota selalu panas dan lengket di musim panas.

Pecinta pantai dapat berenang dengan nyaman di mana saja dari bulan Mei hingga Oktober. Tetapi jika Anda ingin berenang di musim dingin, Anda harus pergi ke selatan, bukan tenggara.

Hindari berwisata selama liburan Tahun Baru Cina karena hampir seluruh negara tutup. Namun, ada beberapa hari libur yang tidak boleh dilewatkan, termasuk Festival Lampion, Festival Perahu Naga, dan Ziarah Matsu.

Secara umum, bulan Juli dan Agustus, Sabtu malam, dan Tahun Baru Cina dianggap sebagai musim penuh wisatawan dan harga akomodasi seringkali dua kali lipat lebih tinggi dari tarif musim biasa. Namun, ada sedikit perubahan harga dari bulan ke bulan (mungkin hanya hari kerja dan akhir pekan) di luar wilayah wisata.

Bagaiamana panduan wisata ke Taiwan diatas? Tertarik Anda liburan ke Taiwan?

Email
Print
WP Socializer Aakash Web